Thursday, February 15, 2018

Sukseskan Pemilu Legislatif & Pilpres 2019 bersama Panwascam Ulujadi


Berdasarkan data yang diperoleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, pada pemilu tahun 2014, jumlah laporan 172 dan temuan 291, pada Pilkada 2015, laporan 107 dan temuan 98, sementara pada Pilkada 2017, laporan 33 dan temuan 21. Untuk trend pelanggaran secara umum terkait dugaan pelanggaran proses pemuktakhiran daftar pemilih tetap (DPT), netralitas aparatur sipil negara (ASN) pemasangan alat praga kampanya (APK), dan politik uang. Untuk pelaksanaan Pilkada, Jumlah permohonan sengketa adalah sebanyak 10 (Sumber : Buletin II Edisi Kedua II 2017/BAWASLU Provinsi Sulawesi Tengah).

Jika melihat data yang ditemukan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah tersebut, banyaknya temuan merupakan catatan penting bagi penyelenggara pemilu khususnya Panitian Pengawas Pemilihan Umum diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi tengah, baik itu dikabupaten/kota maupun di wilayah kecamatan untuk lebih meningkatkan pengawasan diberbagai sektor yang menjadi titik lemah terjadinya pelanggaran. Sejalan dengan hal itu setiap PANWASLU yang berada dikecamatan telah melaksanakan beberapa tahapan sejak bulan november 2017 sampai dengan sekarang. Keinginan tercapainya kesuksesan jalanya pemilu adalah harapan besar dari Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah dan Bawaslu Kota Palu, hal tersebut terlihat jelas dengan dilaksanakanya semua tahapan dengan melibatkan Panwascam diseluruh kabupaten/kota.

Hal itu terlihat jelas dengan kesibukan yang dirasakan oleh Panwascam Ulujadi, sangat nampak padatnya kegiatan yang dijalani bersama Bawaslu Kota Palu, sejak bulan november 2017 sampai dengan sekarang. Salah satu kegiatan yang sangat menyita waktu dan tenaga demi tercapainya keinginan bersama Bawaslu Kota ialah Verifikasi Faktual dan Ferifikasi PARPOL, yang apabila dilaksanakan akan menyita waktu seharian. Panwascam Ulujadi bertempat di Ibukota kecamatan yakni di kelurahan Tipo. Jarak yang ditempuh untuk melaksanakan tugasnya sebagai panitia pengawasan pemilu tidaklah mudah dimana luas wilayahnya terhitung luas dengan jumlah penduduk yang besar. Dalam struktur Panwaslu Kecamatan Ulujadi terdiri dari 3 orang Komisioner, 2 orang Tenaga Pelaksana PNS, 3 orang Tenaga Pelaksanan Non PNS dan 2 orang Tenaga Pendukung. Adapun nama dan jabatannya dapat dilihat pada susunan kepanitiaan berikut :


Berdasarkan harapan dan keinginan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah tersebut, Bawaslu Kota Palu dan Panwascam Ulujadi bertekad untuk mendukung keinginan tersebut dalam menyukseskan jalanya Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 di Kota Palu. Dimana dalam setiap pertemuan rutin bersama anggota sekretariat Panwascam Ulujadi, semangat yang ditunjukan oleh Komisioner lewat ajakan untuk sukseskan pemilu bersama panwascam ulujadi selalu menjadi bahan utama. Dalam 2 bulan terkhir seluruh kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Ulujadi sudah didatangi dalam rangka silaturahim, sekaligus sosialisasi tentang jalanya Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019.

1 comment:

  1. Latest news from Indonesia including
    kumparan
    joko widodo
    pilpes 2019
    prabowo subianto
    bawaslu
    sandiaga uno
    prabowo
    sandiaga
    quick count
    https://kumparan.com/berita-hari-ini/fakta-fakta-mengenai-quick-count-pilpres-2019-1qtK2EL3PPZ

    ReplyDelete